Cara seting bios untuk instal ulang

Cara seting bios untuk instal ulang


  1. Nyalakan atau restart komputer/ laptop anda, kemudian tekan tombol DEL (Delete). Biasanya untuk masuk ke menu BIOS, tombol yang paling umum digunakan adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung manufacturer laptop/ motherboard anda.
  2. Akan muncul tampilan menu BIOS seperti gambar di bawah ini. Setelah itu, pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol

  1. Anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Seperti yang anda lihat pada gambar berikut, bahwa device yang berada di urutan teratas adalah HDD/Hard Disk. Jadi komputer/ laptop anda akan melakukan booting pertama kali dari HDD/ Hard Disk.


  1. Agar bisa booting dari Flashdisk , anda perlu menempatkan Flashdisk berada di urutan teratas. Caranya dengan memilih Flashdisk atau disitu ane memakai Flashdisk KingstonDataTraveler G3, kemudian geser menggunakan tombol F5 atau F6 sampai berada di urutan teratas seperti gambar berikut.



  1. Kemudian tekan F10 untuk menyimpan hasil setting sekaligus keluar dari menu BIOS.


Tidak semua komputer/ laptop memiliki jenis BIOS yang sama. Bisa jadi BIOS yang anda gunakan juga tidak sama dengan yang saya gunakan pada tutorial kali ini. Untuk lebih jelasnya silahkan Klik tautan di bawah ini tentang Seting BIOS pada PC dan Laptop Semua Merk,sekian cara seting bios untuk instalasi windows pada pc mapun laptop agan dan sista